Sabtu, 01 November 2008

Menurunya Kekebalan Tubuh Manusia

. Sabtu, 01 November 2008

Setiap manusia dianugerahi sistem pemelihara daya tahan tubuh alias kekebalan tubuh, akan tetapi tidak boleh setengah hati dalam merawat kesehatan tubuhnya dan tetap harus dijaga dan ditingkatkan agar berfungsi dengan optimal. Jika tidak,kekebalan tubuh akan menurun, dan akhirnya kita akan gampang jatuh sakit.

Kebiasaan-kebiasaan buruk yang akan memicu menurunnya sistem kekebalan tubuh.
  1. Diet terlalu ketat. Ada yang melewatkan sarapan bergizi, atau pantang makanan tertentu yang justru diperlukan zat gizinya oleh tubuh.
  2. Makan sembarangan. Kurang memperhatian gizi dalam mengonsumsi makanan. Seperti makanan yang mengandung serat, provitamin A (terdapat pada buah dan sayur berwarna kemerahan), dan berkadar lemak rendah.
  3. Tidur kurang dari 6 jam. Semakin kurang tidur, maka sistem kekebalan tubuh kita akan semakin menurun.
  4. Stres dan depresi. Depresi kronis dapat berdampak menurunkan kekebalan tubuh sehingga penderita berisiko terkena penyakit infeksi. Pada binatang percobaan, depresi kronis dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko kanker. Stres memicu hormon cortisol, yang dihasilkan oleh kelenjar adrenalin. Hormon inilah yang mengakibatkan menurunnya imunitas. Daripada memelihara kebiasaan ini, kita dianjurkan untuk berpikir optimistis dan lebih tenang.
  5. Kebiasaan merokok. Merokok juga dapat menurunkan kekebalan tubuh dan infeksi pada saluran pernapasan. Infeksi ini dapat mengganggu selaput lendir (yang berfungsi mengeluarkan kuman atau benda asing yang terhirup), termasuk bulu-bulu (cilia) pada selaput lendir, yang berfungsi membersihkan benda asing dari pipa saluran pernapasan.
  6. Kebiasaan minum alkohol. Alkohol dapat memengaruhi fungsi hati (yang berperan dalam memelihara kekebalan tubuh).
  7. Kurang mengonsumsi antioksidan.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

weh...wis iso gawe read more....
nek kata read more arep diganti go basa indonesia yo iso. misale di ganti baca selengkapnya atau yg lain.
tulisan "read more" sing nang edit html diganti kata yg diharapkan...