Minggu, 23 November 2008

HACCP dan Program Pendukungnya

. Minggu, 23 November 2008

Sedikit sejarah tentang HACCP, Awalnya sistem ini dipakai oleh NASA sekitar tahun 1950 untuk kebutuhan pangan astronot yang bertugas keluar angkasa dalam jangka waktu yang lama. Dengan tidak adanya perawatan medis maka peluang terserang keracunanan makanan dan kecenderungan akan penyakit sangat besar sehingga dikhawatirkan akan merusak misi yang akan dijalankan. Tetapi perkembangannya HACCP ini dipakai untuk standar pabrik makanan dan minuman (Food and Beverages Factory)

HACCP adalah suatu system atau pedoman untuk mengidentifikasi bahaya yang mungkin terjadi selama proses produksi dan cara pencegahannya untuk mengendalikan bahaya tersebut. Sehingga dengan adanya HACCP ini keamanan pangan bisa terjamin. Pengidentifikasian bahaya disini meliputi bahaya biologi ( kontaminasi yang di sebabkan oleh makro & mikrobiologi ), bahaya kimia ( kontaminasi yang di sebabkan oleh zat-zat kimia ), dan bahaya fisika ( kontaminasi yang di sebabkan oleh benda asing seperti kaca, batu, rambut dll )

Sebelum penerapan HACCP, pabrik (perusahaan) harus sudah menjalankan GMP dan SSOP dengan baik karena GMP dan SSOP ini merupakan pondasi dari system HACCP. GMP atau Good Manufacturing Practices ( cara-cara berproduksi yang baik ) berisi pedoman atau suatu tertib yang diterapkan oleh perusahaan dalam proses produksi sehingga menghasilkan produk jadi yang sesuai mutu dan higienis. Panduan yang detail dan harus mencakup semua proses produksi, mulai dari ketertiban karyawan, Pest Control (pengendalian hama), Fasilitas gudang, Kelengkapan rancangan gedung, keamanan, kesehatan, dan keselamatan kerja. Selain GMP program pendukung HACCP lainnya adalah SSOP, kependekan dari Sanitation Standart Operating Prosedure.

0 komentar: